• Phone : (031)5927341 / (031)5950739
  • Ruko San Diego 11 (MR 1 / 7) Pakuwon City, Surabaya
post image

MENCINTAI BUMI, SEBAGAI RUMAH KITA BERSAMA

Selama masa pandemi Covid 19, sesuai himbauan pemerintah, semua kegiatan pembelajaran di Thomas More Homeschooling (TMHS) dilakukan secara online, termasuk kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler juga.

Pada hari rabu, tanggal 7 oktober 2020, TMHS mengadakan kegiatan di panti Asuhan Don Bosco, Jl Tidar No.115 Surabaya. Kegitan ini mengusung tema “Mencintai Bumi Sebagai Rumah Kita Bersama”. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa/i TMHS secara online lewat Instagram @Thomasmorehomeschooling.

Dalam kegiatan ini, tim dari TMHS diterima lansung oleh Suster Anna,PK sebagai pimpinan panti. Tim dari TMHS diajak oleh Sr.Anna untuk mengelilingi panti yang luas dan rindang itu. Sembari mengelilingi panti, Sr Anna menjelaskan tentang pengelolaan sampah yang ada disana.

Misalnya saja, botol bekas diolah dan dicet sedemikian rupa sehingga menjadi pot bunga yang indah. Demikian juga dengan dengan sampah plastik, diolah oleh warga panti menjadi taplak meja, tas dan lain sebaginya. Sedangkan sampah organik, diolah menjadi pupuk kompos.

Menurut Sr. Anna, kita perlu mencintai bumi ini mulai dari lingkungan kita tinggal. Itulah yang Ia terapkan di panti asuhan Don Bosco. Hal ini juga diharapakan oleh Sr.Anna bagi siswa/I dari TMHS.

Selain pengelolaan sampah, dilingkunagan panti asuhan Don Bosco juga terdapat begitu banyak pot-pot bunga yang digantung, baik dilorong atau disamping kelas-kelas. Menurut Sr. Anna, bunga-bunga itu, selain memberikan udara yang segar, bunga-bunga itu juga bisa memberikan terapi psikologis bagi para warga panti.

Sementara, menurut Bu Widati, Kepala Sekolah TMHS Cabang Pakuwon City, kegiatan ini bertujuan supaya siswa/i lebih mencintai bumi sebagai rumah bersama. Hal ini bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. “Masa pandemi ini kan para siswa/i banyak waktu di rumah, maka kita mengajak mereka supaya mengisi waktu di rumah dengan kegiatan mencintai lingkungan, mencintai bumi ini sebagai rumah bersama. Tidak perlu muluk-muluk, mulailah dengan melakukan hal-hal kecil saja di rumah. Misalnya, membuang sampah, menghemat listrik, air, mengurangi penggunaan plastik dan banyak lagi yang bisa dilakukan selama dirumah” ungkap Bu Widati.

Kegiatan ini juga menurut Bu Widha sebagai bagian dari pendidikan karakter yang perlu ditanamkan disetiap pribadi siswa/i Thomas More Homeschooling.